Kamis, 16 Juni 2016

Pengertian dan definisi Distro CentOS


Community ENTerprise Operating System (CentOS) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Berbagai macam yang di kemukakan orang mengapa menggunakan Distro Linux CentOS sebagai sistem operasi pada komputernya selain Open Source :

1. Multitasking 
Linux dapat menjalankan beberapa program sekaligus dalam waktu yang sama, baik pada tampilan text maupun pada tampilan grafis. Kemampuan multi-tasking ini akan terasa biasa saja terlebih jika terbiasa menggunakan windows. Kelebihan Linux dibanding Windows maupun DOS adalah Linux mampu menjalankan beberapa program sekaligus meskipun dalam tampilan text mode sehingga program dapat dijalankan dengan ringan.

2. Bebas Driver 
Linux dapat mengenali berbagai macam perangkat keras yang dipakai oleh bayak orang sehingga pada ewaktu menginstall Linux tidak perlu menginstall driver agar perangkat keras tersebut dapt bekerja. Maka dapat diimpulkan bahwa menggunakan Linux lebih praktis karena telah menyediakan berbagai macam driver secara built in di dalam perangkat lunak Linux itu sendiri.

3. Bebas Virus 
Linux memberlakukan pengizinan file terhadap sebuah file oleh user sehingga tidak setiap orang memiliki wewenang terhadap file tersebut. Program-program virus sat ini hanya bekerja pada sistem operasi berbasiskan DO3/Windows saja sehingga dapat dipastikan bahkan virus tersebut tidak akan bekerja dengan semestinya di lingkungan Linux.

4. Penggunaan Memory
Kita dapat memiliki virtual memori pada harddisk untuk membantu memory utama sehingga kinerja sistem kan lebih baik. Walaupun memory virtual memiliki kinerja yang lebih lambat dibandingkan dengan memory fisik/utama, namun paling tidak kita mendapatkan bantuan penggunaaan memory.

5. Desain CentOS RHEL
merupakan distribusi linux berbayar yang menyediakan akses terhadap update atas perangkat lunak dan beragam jenis dukungan teknis. Distribusi linux ini sebenarnya merupakan gabungan dari sejumlah perangkat lunak yang didistribusikan dibawah Lisensi perangkat lunak bebas dan kode sumber atas paket perangkat lunak ini dirilis ke publik oleh Red Hat sebagai bagian dari kesepakatan dalam lisensi yang digunakan. Para pengembang CentOS menggunakan kode sumber dari Red Hat, dikompilasi dengan tujuan membuat sebuah produk final yang sangat mirip dengan RHEL. Semua hal-hal yang berkaitan dengan merek dagang ataupun logo kemudian diubah disebabkan Red Hat tidak mengizinkan mereka untuk mendistribusikan ulang logo tersebut. CentOS tersedia secara gratis, dukungan teknis utamanya disediakan terhadap para pengguna melalui milis, forum berbasis web, ataupun chat. Proyek CentOS tidak berafiliasi dengan Red Hat, sehingga proyek CentOS berjalan tanpa mendapatkan bantuan apapun dari Red Hat. Untuk penggalangan dana, CentOS berbasis donasi dari para pengguna serta sponsor dari perusahaan-perusahaan yang menggunakannya.