Rabu, 15 Juni 2016

Pengertian dan Definisi XenServer


Pengertian dan Definisi XenServer adalah server virtualization platform dari citrix, untuk mengoptimalkan windows dan linux server virtual, dimana semuanya memerlukan kemampuan membuat dan manage sebuah infratruktur virtual.

Xen adalah open source mesin virtual & monitor, dikembangkan di University of Cambridge. Dibuat dengan tujuan untuk menjalankan sampai dengan seratus sistem operasi berfitur penuh (Full Featured Oss) dalam satu komputer. Virtualisasi xen menggunakan teknologi paravirtualisasi menyediakan isolasi yang aman, pengatur sumber daya, garansi untuk quality-of-services dan live migration untuk sebuah mesin virtual.

Untuk menjalankan Xen, sistem operasi dasar harus dimodifikasi khusus untuk kebutuhan tersendiri dan dengan cara ini dicapai kinerja virtualisasi sangat tinggi  tanpa perangkat keras khusus.
XenServer berjalan langsung pada perangkat keras server tanpa memerlukan sistem operasi XenServer bekerja di element-element yang sederhana dari fisik mesin (seperti Hard Drives, resources and ports) dan mengalokasikan ke mesin virtual VMs) yang sedang berjalan.

XenCenter dapat memanage XenServer hosts, pools dan share storage, develop, manage dan monitor Virtual Machines pada Sistem Operasi Windows.
Xenserver adalah mesin monitor virtual dengan arsitektur x86, x86-x64 dan PowerPC 970. Solusi ini memungkinkan beberapa sistem operasi untuk dijalankan dari perangkat keras (Hardware) komputer yang secara bersama, artinya satu komputer server bisa menjalankan beberapa virtualisasi desktop secara bersamaan.