Minggu, 23 Oktober 2016

Modus baru bobol ATM, tarik duit cuma pake botol palastik air mineral


Terungkapnya kasus penipuan dan pembobolan ATM di kawasan Metland Tambun, Bekasi, Jawa Barat, kemarin (20/10) cukup mengagetkan. Modus operasi yagn dilakukan pelaku berinisial HK (30), cukup berbeda dari biasanya.

Menurut Kepala Humas Polsek Tambun, Iptu Tri Mulyono, HK menggunakan plastik bekas air minum dalam kemasan (AMDK) buat melancarkan aksinya.

"Pelaku memotong plastiknya menjadi bagian kecil. Plastiknya ini fungsinya buat mengganjal lubang di mesin ATM. Jadi tiap nasbah masukin (ATM), pasti tertahan di dalam," ujar dia dilansir Go Bekasi (Jawa Pos Grup), Kamis (20/10).

"Dari sini kemudian HK mengintip nomor PIN korban," tambah dia.


Tri mengatakan bahwa HK tak sendiri dalam melancarkan aksinya. Dia ditemani F (25) selaku eksekutor alias pengembil uang korban.

"Sementara Si HK ini tugasnya pura-pura memberi pertolongan kepada korban," ungkap dia.

Sementara, saat dimintai keterangan, HK menjelaskan bahwa selepas mengganjang lubang ATM, dia lantas pura-pura pergi keluar ATM buat menunggu mangsanya.

Ketika korban panik lantaran ATM nya tertelan, HK lantas menawarkan "pertolongan".

Pelaku menyuruh korban memasukkan PIN, dan di saat yang bersamaan mata elang pelaku memelototi angka yang ditekan korban dan menghafalkannya.

"Karena setelah memasukkan PIN, kartu ATM korban tidak keluar, maka korban keluar ruangan dengan meninggalkan kartu ATM-nya yang tertelan. Di saat itu, teman saya, F (25) masuk," jelas dia.

Kepala Polsek Tambun Ajun Komisaris Bobby Kusumawardhana, mengatakan, pelaku tetap diproses dan selanjutnya masih dikembangkan untuk mencari kawan pelaku yang kabur.

“Pelaku dikenakan Pasal Pencurian, diancam 5 tahun penjara,” tutup Bobby